Beranda » Uncategorized » KONSUMSI BAWANG PUTIH MELANCARKAN DARAH?

Tentunya seluruh masyarakat Indonesia apabila ditanya bawang putih sudah pasti menjawab itu adalah salah satu bumbu masak. Namun dibalik sebagai bumbu masak sebagai penyedap masakan bawang putih banyak manfaanya bagi tubuh. Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Apa kandungan nutrisi bawang putih?
Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae). Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram. Maka, per 100 gram bawang putih kira-kira mengandung:
• 4 kalori
• 1 gram karbohidrat
• 0,2 gram protein
• 0,1 gram serat
• 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
• 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh)
• 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
• 0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh)
• sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.
Bawang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Menurunkan Kolesterol
Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi.
Menurut penelitian kandungan allicin dari bawang putih yang ketika siungnya dipotong atau dihancurkan, ditumbuk atau dikunyah Allicin tersebut akan menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol ditubuh.

Mengendalikan Tekanan Darah
Jika Anda termasuk orang yang berisiko atau sudah terdiagnosis hipertensi, menjaga pola makan adalah salah satu kunci agar tetap sehat. Bawang putih bisa jadi andalan Anda.
Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah telah lama dikenal sebanding dengan obat hipertensi generik.
Selain itu, bawang putih juga mengandung polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.
Menyehatkan Jantung
Kabar baiknya, bawang putih juga berpotensi baik untuk mencegah resiko penyakit jantung. Bawang putih telah dikenal sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah.
Uniknya, manfaat yang paling konsisten ditunjukkan oleh ekstrak dari bawang putih yang dikeringkan (aged garlic), ekstrak aged garlic mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

Menurunkan Resiko Kanker
Manfaat menguntungkan dari bawang putih telah dikenal selama berabad-abad.
Mengkonsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Termasuk kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.
Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Mengatasi Jerawat
Berbagai studi membuktikan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Berbagai sifat ini turut membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan rona kulit.
Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih.

Melawan Radang, Pilek dan Batuk
Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan.
Jika Anda sakit, makan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejalanya dan membantu Anda lebih cepat sembuh. Berbagai penelitian juga melaporkan bahwa rutin makan bawang putih mentah mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit-penyakit umum tersebut.
Manfaat bawang putih lebih baik jika dimakan mentah
Semua manfaat bawang putih di atas dapat Anda raup semudah mengunyah siungnya mentah-mentah. Sebab justru dalam kondisi paling segarnyalah, nutrisi dalam bawang bisa bekerja optimal.
Mungkin cara makan bawang putih ini tidak biasa bagi Anda, tapi mengolah bawang dengan memasaknya justru akan menghilangkan berbagai nutrisi penting.
Namun jika tidak ingin terus-terusan makan yang mentah, tidak apa juga untuk menyelinginya dengan memasukkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari.

Boleh makan berapa banyak bawang putih mentah dalam sehari?
Jika Anda tergolong sehat walafiat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius, University of Maryland Medical Center membolehkan Anda makan 1-4 siung bawang putih mentah setiap hari.
Makan bawang putih lebih dari satu siung per hari mungkin bisa memperparah kondisi orang yang punya gangguan pencernaan parah. Selain itu, orang yang memiliki alergi, tekanan darah rendah, asma, bisul, atau masalah tiroid juga disarankan untuk lebih dulu konsultasi ke dokter sebelum makan bawang putih.
Tips mengusir bau mulut setelah makan bawang putih
Meski berpotensi baik buat kesehatan, bawang putih juga berbahaya apabila kebanyakan dikonsumsi. Bumbu dapur ini dapat menyebabkan mulut terasa panas, diare, mual dan muntah, hingga bau mulut dan bau badan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk menghindari mulut bau bawang karena makan bawang putih mentah, coba dulu tips-tips ini.
• Cuci bersih siung bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir
• Konsumsi bawang putih mentah bersama daun seledri atau kemangi agar aroma bawangnya tidak terlalu tajam
• Minum segelas susu rendah lemak atau makan yogurt tanpa rasa setelah mengonsumsi bawang mentah
• Sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih seusai makan bawang putih mentah

Demikian ulasan-ulasan tentang bawang putih semoga dapat bermanfaat.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.